Cara Jualan di Shopee Mall: Penuhi Syarat dan Ketentuan Ini

Shopee Mall adalah salah satu fitur Shopee yang menampilkan brand lokal terbaik diikuti dengan berbagai keuntungan untuk seller dan konsumen.

Avatar
syarat dan kriteria shopee mall

Jempana.com – Jualan di Shopee Mall bisa dilakukan semua seller yang telah mendaftarkan toko membership Shopee Mall. Namu ada syarat atau kriteria yang harus dipenuhi oleh seller, apa saja syaratnya?

Shopee Mall adalah salah satu fitur Shopee yang menampilkan brand lokal terbaik diikuti dengan berbagai keuntungan yang akan diterima oleh membership keanggotaan. Sementara itu bagi keuntungan Shopee Mall yang akan didapat pelanggan, di antaranya produk yang diterima 100% original, gratis ongkir, dan gratis pengembalian produk dalam jangka 15 hari kerja.

Bagi para seller yang ingin menjadi bagian atau anggota Shopee Mall, ketahui dulu syarat-syarat apa saja yang diperlukan dan bagaimana cara mendaftarkan toko agar bisa jadi bagian Shopee Mall.

Syarat ShopeeMall

Perkembangan teknologi memudahkan siapa saja untuk membuka toko sekaligus jualan online di berbagai platform e-commerce seperti Shopee. Jualan online di Shopee memang bukan hal baru, tetapi untuk meningkatkan penjualan di e-commerce satu ini, sebaiknya seller mengenal fitur-fitur yang ada di dalamnya.

Salah satu fitur atau layanan yang bisa dimanfaatkan oleh para seller di e-commerce satu ini adalah Shopee Mall. Ringkasnya, ada berbagai keuntungan yang akan diterima seller bila bergabung. Selain brand dikenal luas masyarakat, peningkatan kepercayaan konsumen terhadap sebuah brand akan semakin tinggi.

Lantas, apa saja kriteria Shopee Mall itu?

Sebagai pelaku usaha yang telah lama bergabung di Shopee dan ingin mendaftarkan Shopee Mall, berikut syarat-syarat yang diperlukan:

  1. Tipe usaha yang dimiliki harus berupa PT, CV, Distributor Firma, Koperasi, Persekutuan Perdata, Persekutuan Umum, Perseroan, Usaha Dagang, atau Individual.
  2. Pengusaha juga harus memperhatikan tipe merek yang ingin dijual sesuai dengan kebijakan Shopee, seperti yang tertera di laman resminya
  3. Penjual harus melengkapi beberapa dokumen, seperti KTP, NPWP, NIB (Nomor Induk Berusaha)/SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), HKI (Hak Merek Dagang), Surat Resmi Penunjukan Distributor (Khusus Distributor), Sertifikat BPOM.
  4. Penjual Shopee Mall juga harus memperhatikan beberapa persyaratan operasional seperti berikut:
  • Toko memiliki >= 25 produk
  • Toko memiliki persentase chat dibalas >= 75%
  • Toko memiliki penilaian >= 4.5
  • Toko memiliki >= 1 pesanan
  • Toko memiliki tingkat pesanan tidak terselesaikan (Non-Fulfillment Rate/NFR) <= 5%
  • Toko memiliki tingkat keterlambatan pengiriman (Late Shipment Rate/LFR) <= 5%
  • Toko memiliki jumlah produk Pre-order <20% dari total produk
  • Toko bersih atau tidak memiliki poin penalti
  • Mengikuti standarisasi daftar produk Shopee Mall sesuai dengan ketentuan Shopee¬†

Selain diminta untuk memenuhi syarat-syarat di atas, pihak Shopee juga mewajibkan produk para seller telah diulas atau dibahas minimal di 5 media online nasional. Tentu tidak mudah untuk urusan yang satu ini. Anda memerlukan jasa seorang profesional untuk mengurusi press release di berbagai media elektronik.

Jempana menyediakan jasa pembuatan press release yang bisa mengurusi kepentingan Anda tersebut. Jempana adalah agensi media profesional yang memiliki integritas dalam bidang pemasaran digital (digital marketing), khususnya dalam penyebaran informasi ke berbagai media online terkemuka di Indonesia.

Cara Jualan di Shopee Mall

Setelah memenuhi syarat-syarat yang diperlukan untuk mendaftar Shopee Mall, maka tahap berikutnya adalah mendaftarkan toko atau brand Anda.

Berikut langkah-langkahnya.

  • Mengisi formulir pendaftaran untuk jualan
  • Jika Anda memenuhi kriteria, maka nantinya tim Shopee akan langsung menghubungi Anda melalui telepon maksimal 7 hari kerja setelah pengisian formulir registrasi tersebut.
  • Jika dinyatakan berhasil, langkah berikutnya Anda akan diundang untuk melakukan latihan onboarding.

Sebagai tambahan informasi, biaya administrasi yang dikenakan seller Shopee Mall adalah biaya administrasi yang telah dihitung berdasarkan total pesanan selesai.

Mulai tanggal 19 Agustus 2019 lalu, biaya tersebut sebesar 1%, 3%, atau 5% untuk setiap produk yang laku terjual. Perlu digarisbawahi, besaran persentase biaya administrasi tersebut juga berbeda-beda dan sesuai dengan sub-kategori produk.

Itu tadi sedikit ulasan terkait cara jualan di Shopee Mall dengan ketentuan atau syarat yang mesti dipenuhi oleh para seller Shopee.