Content Marketing: Pengertian, Fungsi, dan Jenis Konten

Pemasaran konten tidak ubahnya menyebarkan informasi yang dikemas sedemikian rupa sehingga mampu menyentuh wilayah peka manusia.

Avatar
content marketing menurut forbes

Jempana.com – Content marketing adalah suatu strategi yang diterapkan oleh digital marketer untuk menarik audiens dengan tujuan mendapatkan keuntungan.

Pemasaran konten tidak ubahnya menyebarkan informasi yang dikemas sedemikian rupa sehingga mampu menyentuh wilayah peka manusia. Adapun sarana yang dapat digunakan dalam pemasaran konten bisa berupa website dan media sosial untuk tujuan promosi sekaligus bersosialisasi.

Sementara itu, menurut Joe Pulizzi (2009) content marketing adalah teknik pemasaran dengan cara membuat dan membagikan konten bermanfaat yang dilakukan secara konsisten guna menarik perhatian sekaligus mendapatkan audiens untuk memperoleh keuntungan.

Agar lebih mudah dipahami, jika kamu menggunakan website sebagai sarana untuk mempromosikan produk atau layanan, web tersebut perlu menampilkan konten-konten bermanfaat bagi audiens yang berkunjung. Contoh sederhana, kamu bisa melihat website penyedia layanan hosting yang membagikan artikel seputar tutorial blogging. Itu yang dinamakan content marketing.

Fungsi Pemasaran Konten

Fungsi content marketing tidak ubahnya dengan fungsi promosi yang kamu lihat di media sosial atau iklan yang ada di sebuah website, yaitu:

  • Menarik perhatian audiens
  • Mengenalkan brand produk atau jasa
  • Memperluas jangkauan
  • Meningkatkan penjualan
  • Meningkatkan kesadaran akan sebuah brand
  • dan berbagai fungsi lainnya

Dilangsir dari Forbes, betapa penting pemasaran konten untuk dilakukan mengingat 4 tahap di bawah ini

  • Kesadaran. Sebelum kesadaran pelanggan mungkin memiliki kebutuhan, tetapi mereka tidak menyadari ada solusi.
  • Penelitian. Setelah pelanggan menyadari ada solusi, mereka akan melakukan penelitian untuk mendidik diri mereka sendiri. Misalnya, pembeli mobil akan mencoba mencari tahu jenis mobil apa yang ada, dan mana yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
  • Pertimbangan. Pada titik ini pelanggan mulai membandingkan berbagai produk dari vendor yang berbeda untuk memastikan mereka mendapatkan produk berkualitas tinggi dengan harga yang wajar.
  • Membeli. Akhirnya, pelanggan membuat keputusan dan bergerak maju dengan transaksi.

Jenis Content Marketing

Banyak media yang bisa dipakai untuk menjalankan strategi pemasaran. Berikut jenis konten marketing yang bisa digunakan:

1. Infografis

Infografis adalah cara menyajikan data dalam kemasan bergambar dilengkapi dengan teks sehingga memudahkan audiens memahami dan membaca data yang disajikan.

Dalam beberapa tahun terakhir, kepopuleran penyajian data dalam bentuk infografis ini sering digunakan media-media online di Indonesia. 

Menariknya, sifat penyajian data dalam infografis ini langsung tertuju pada poin-poin penting sehingga hal tersebut berpotensi menarik audiens untuk membaca sebuah informasi.

2. Website atau Blog

Website atau blog bisa menjadi media yang bagus untuk memasarkan sebuah konten. Melalui media blog, kamu bisa menulis sesuatu yang bermanfaat untuk audiens yang ditargetkan.

Menulis konten yang menarik perhatian audiens juga memerlukan pengetahuan seputar SEO (Search Engine Optimization). Perlu diingat, penyajian konten tidak bisa dipisahkan dari content marketing. 

Memperhatikan SEO dalam penulisan akan mengundang banyak trafik atau lalu lintas pengunjung ke website yang dirawat dengan baik.

3. Podcast atau Siniar

Podcast menjadi salah satu media yang dapat digunakan untuk menjangkau audiens. 

Media satu ini bisa menjadi wadah dalam mengenalkan sebuah produk, tentunya diimbangi dengan topik yang relevan untuk dibahas.

Paling menarik dari podcast, yaitu audiens bisa mendengarkan bahasan menarik di berbagai waktu dan tempat. 

Oleh karena itu, banyak brand melakukan kerja sama dengan podcaster sebagai strategi pemasaran konten untuk memperoleh awareness

4. Video

Video masih menjadi sarana yang banyak digunakan dalam menjalankan strategi pemasaran. Selain itu, banyak platform yang bisa dijadikan pilihan untuk mengunggah video marketing. 

Membuat konten pemasaran dengan video bisa dibilang sebagai hal solutif. Sebab video merupakan  media yang paling mudah untuk dipahami sekaligus dinikmati oleh audiens.

Kamu bisa memanfaatkan YouTube, TikTok, Instagram atau media sosial lain untuk mempromosikan konten. 

5. Buku

Strategi konten marketing berikut bisa menggunakan buku. Umumnya, buku dipakai untuk menyasar audiens yang lebih serius dan menyukai adanya bentuk fisik.

Tujuan penerbitan sebuah buku untuk audiens yang ditarget bukan semata-mata mencari pundi-pundi keuntungan, tetapi juga mengajak pembaca mengenali bisnis atau brand yang sedang dibangun.

Selain itu, buku juga bisa menjadi media untuk meningkatkan kepercayaan audiens terhadap suatu merek.

Pemasaran konten lewat buku juga dapat mengajak audiens untuk menyadari betapa pentingnya membaca.

Demikian informasi ringkas mengenai content marketing dari mulai pengertian, fungsi hingga jenisnya. Singkatnya, pemasaran konten adalah strategi yang memerlukan proses penciptaan untuk menyajikan konten menarik guna menarik audiens lebih banyak dalam hal mengenali sebuah produk atau layanan.

Idealnya strategi satu ini banyak digunakan oleh perusahaan atau brand terkemukan di tanah air dalam menjaring audiens dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian.

Terakhir, apabila kamu ingin menjadi salah satu content marketer yang sukses, sebaiknya kuasai skill satu ini sampai ke akar-akarnya.