Cara Verified Instagram dan Syarat Pengajuan Centang Biru

Untuk mendapatkan simbol centang biru Instagram, akun tersebut haruslah autentik. Dengan kata lain, suatu akun dapat dipercaya keasliannya.

Avatar
cara verified instagram

Jempana.comVerified instagram adalah simbol centang biru yang menandakan keaslian suatu akun dan telah dikonfirmasi oleh pihak Instagram. 

Akun yang telah mendapatkan verified atau centang biru akan muncul di samping nama akun. Umumnya, akun-akun yang telah terverifikasi oleh Instagram mewakili selebritas, merek-merek terkenal hingga publik figur.

Banyak pengguna IG yang ‘ngebet’ mendapatkan simbol centang biru ini. Centang biru seolah menegaskan bahwa suatu akun menjadi lebih unggul dari akun biasa.

Menariknya, tidak semua orang bisa mendapatkan simbol khusus ini. Terdapat beberapa syarat verified IG yang harus dipenuhi oleh pemilik akun. Akan tetapi, setiap orang boleh melakukan verifikasi untuk mendapatkan simbol tersebut.

Syarat Pengajuan Verified Instagram

Pengajuan centang biru Instagram tidak hanya bermodal followers bejibun dan menargetkan diri menjadi influencer. Padahal, itu bukan syarat mutlak untuk mendapatkan tanda centang biru.

Ada akun yang punya pengikut jutaan tetapi tidak mendapatkan simbol verifikasi dari IG. Bahkan, ada akun yang memiliki puluhan atau ratusan ribu pengikut telah memiliki simbol centang biru. Artinya, ada persyaratan lain yang wajib dipenuhi oleh pemilik akun jika ingin mendapatkan verified Instagram.

Berikut syarat pengajuan centang biru Instagram:

1. Autentik

Untuk mendapatkan simbol centang biru Instagram, akun tersebut haruslah autentik. Dengan kata lain, suatu akun dapat dipercaya keasliannya. Pasalnya, akun itu hendaknya mewakili orang, bisnis, atau entitas terdaftar yang asli.

2. Unik

Keunikan juga diperlukan untuk verifikasi IG. Unik yang dimaksud di sini adalah keberadaan akun tersebut jelas mewakili satu akun untuk urusan verifikasi.

3. Lengkap

Syarat pengajuan verified Instagram berikutnya, yaitu dengan melengkapi bio, foto, profil, dan terlihat aktif sebagai pengguna. Dan yang perlu diketahui, akun yang ingin mengajukan centang biru harus bersifat publik alias tidak dikunci.

Di samping itu, akun pengguna juga tidak boleh mencantumkan link “Tambahkan Saya” ke media sosial lainnya.

4. Populer

Setelah mengetahui ketiga syarat mutlak di atas, pastikan akun IG yang kamu wakili populer dan banyak dicari oleh pengguna lain.

Untuk lebih jelasnya, pihak Instagram akan melakukan pencarian dari berbagai artikel maupun berita dari berbagai sumber. Maka itu, pastikan menggunakan jasa pembuatan press release untuk memudahkan pencarian nama kamu untuk muncul di Google.

Dengan begitu, akun kamu berpotensi untuk mendapatkan verified Instagram.

Setelah 4 syarat di atas terpenuhi, pengguna dapat melakukan pengajuan permohonan simbol centang biru Instagram.

Adapun cara untuk pengajuan verifikasi tersebut, pengguna tinggal masuk ke halaman profil dan ketuk tanda garis tiga di bagian kanan atas.

Selanjutnya, masuk ke menu Settings > Account > Request Verification.

Setelah itu, akan muncul tampilan ‘Daftar Verifikasi Instagram’ yang berisikan langkah-langkah untuk mengonfirmasi keaslian suatu akun.

Cara Verified Instagram untuk Mendapatkan Centang Biru

Adapun langkah-langkah verifikasi keaslian yang diminta oleh pihak Instagram, yaitu:

Langkah 1: Konfirmasi Keaslian Akun

Pada tahap ini pengguna diminta mengisi dokumen identitas resmi baik untuk personal maupun bisnis.

Isi nama lengkap kamu, dan masukkan tipe dokumen yang diminta. Tipe dokumen yang akan diunggah bisa berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Paspor, Pengajuan Pajak, Tagihan Listrik/Air, Anggaran Dasar.

Langkah 2: Konfirmasi Ketenaran Akun

Pada tahap ini, pengguna mesti memastikan akun yang diwakili benar-benar populer. Karena pengguna akan diminta memilih kategori sesuai dengan tipe akun yang diwakilkan.

Berikutnya, pilih negara atau wilayah sebagai bukti bahwa pengguna berasal dari suatu negara.

Terakhir, pengguna diminta untuk mendeskripsikan orang-orang yang menjadi pengikut akun Anda. Cantumkan siapa mereka, apa yang mereka minati, dan mengapa mereka mengikuti Anda.

Langkah 3: Tautan (Opsional)

Jangan sepelekan langkah ketiga ini. Meski bersifat opsional, sebaiknya tambahkan link berita atau artikel, akun media sosial, dan tautan lain yang menunjukkan akun yang Anda wakili menunjukkan kepentingan khalayak ramai.

Perlu diingat, konten berbayar atau yang sifatnya promosi tidak akan dipertimbangkan.

Pada tahap mengisi link URL untuk pengajuan verified Instagram, pastikan Anda memilih jenis tautan yang akan dilampirkan. Jika itu artikel berita, maka isi URL berita dari media yang kompeten.

Di sini, pengguna bisa menambahkan 3-5 tautan untuk keperluan verifikasi Instagram. Setelah itu, barulah pengguna bisa mengirim pengajuan centang biru untuk ditinjau oleh pihak Instagram.

Ingat, pihak Instagram hanya akan menggunakan informasi yang telah dikirimkan oleh pengguna untuk menentukan apakah akun Anda telah memenuhi persyaratan untuk diverifikasi.

Tips Mendapatkan Verified Instagram

Supaya akun Anda berpotensi diterima centang biru, berikut tips untuk medapatkan simbol khusus di samping nama akun tersebut.

1. Meningkatkan Jumlah Followers dan Engagement

Untuk mendapatkan centang biru instagram adalah dengan mempunyai jumlah pengikut yang banyak, dan pastikan pengikut tersebut berasal dari organik dan juga memiliki jangkauan (engagement) yang tinggi.

Walaupun tidak ada angka pasti untuk mengukur seberapa layak suatu akun disebut sebagai seorang influencer atau brand terpercaya, meningkatkan jumlah followers Instagram adalah salah cara ampuh untuk membuat akun menjadi verified.

Pengguna bisa menggunakan trik meningkatkan jumlah pengikut IG, seperti mengunggah foto pada waktu yang tepat, mempromosikan konten di media sosial lain, atau membuat postingan yang menarik.

2. Buat Postingan yang Unik untuk Verified Instagram

Seperti yang telah disinggung di atas, salah satu syarat dari Instagram adalah “unik”. Maka itu, pengguna sebaiknya mengunggah postingan yang bersifat unik dan personal, jika itu akun pribadi.

Yang perlu digarisbawahi, hindari meniru unggahan orang lain. Sebaiknya, perhatikan betul setiap unggahan guna menjaga keutuhan followers dan followers lain semakin tertarik mengikuti akun Anda.

3. Ikuti Instagram Community Guidelines

Instagram tentu saja tidak akan memberikan tanda verified pada akun yang melanggar ketentuan mereka.

Maka, salah satu cara penting untuk membuat akun Instagram menjadi verified adalah selalu patuhi Instagram Community Guidelines.

4. Jaga Tanda Verified Instagram

Apabila telah mendapatkan tanda verified, jaga tanda tersebut sebaik-baiknya. Bukan tanpa alasan kenapa akun centang biru harus dijaga dengan baik.

Menukil dari Influencer Marketing Hub, Instagram dapat mencabut tanda verified jika suatu akun menjual tanda verified tersebut kepada orang lain, menggunakan akunmu untuk mempromosikan layanan atau bisnis lain, dan mendapat tanda verified dari pihak ketiga.

Itu tadi cara yang bisa dilakukan untuk membuat akun Instagram menjadi verified. Intinya, pengguna perlu mengelola akun dengan serius dan konsisten.